Monday, March 4, 2013

Kuan Im yang Hidup di Rumah

Suatu ketika, ada seorang tukang jagal selalu bersikap kasar terhadap ibunya. Namun demikian, dia masih mempunya rasa bhakti dan hormat terhadap Kuan Im Po Sat.

Suatu hari dia mengikuti rombongan pergi berziarah ke Pu Tuo Shan untuk memberikan penghormatan kepada Kuan Yin. Dia mendengar Kuan Yin sering menampakkan dirinya. Tetapi setelah sampai di tempat itu, dia tidak menemukan apapun dan tdk bertemu Kuan Yin.

Penjagal tadi sangat kecewa sekali krn tidak ketemu dg Kuan Yin. Kebetulan pada waktu itu, ada seorang Bhiksu yang datang.

Penjagal:"hai bhiksu, saya kemari ingin bertemu dg Kuan Yin Phu Sa, tapi saya tdk menemukannya, bagaimana caranya agar saya dpt bertemu beliau?"

Bhiksu:"Anda ingin berjumpa Kuan Yin? Beliau telah pergi ke rumah Anda. Pulanglah segera, anda dapat menjumpai beliau!"

Penjagal itu ragu dan bertanya lagi:"Bagamana bentuk beliau?"

Bhiksu:"beliau mengenakan pakaian terbalik dan memakai sandal terbalik pula! Klo anda bertemu dg orang demikian, itulah Kuan Yin Phu Sa.

Mendengar kata" bhiksu tadi, penjagal langsung bergegas pulang dan tidak sabar ingin segera bertemu dengan Kuan Yin.

Tengah malam penjagal baru sampai ke rumahnya. Karena saking senangnya ingin segera bertemu Kuan Yin, maka dengan sekuat tenaga menggedor pintu dan berteriak.

"CEPAT BUKA PINTU!!!!!!"

Ibunya yg sedang tidur mendengar suara itu buru-buru bangun karena takut anaknya yg suka membentak dan memakinya. Maka dia bangun cepat", dlm keadaan panik, dia mengenakan baju dan sandal terbalik.

Ketika pintu terbuka, penjagal itu kaget karena melihat ciri-ciri Kuan Yin Phu Sa ada pada ibunya. Dia terperanjat kaget dan menyadari apa maksud dari perkataan bhiksu yg ditemuinya di gunung Pu Thuo Shan tadi.

Dia memeluk ibunya dan menangis..minta maaf kepada ibunya. Karena selalu bertindak kasar kepadanya.

http://koningsberg.blogspot.com/
http://sugiatno-ceritalucu.blogspot.com/