Saturday, January 25, 2014

4 Penyebab Kerontokan Rambut pada Pria

1. Pola makan tidak benar

Jika Anda mengalami kerontokan rambut lebih dari biasanya selama 2 atau 3 bulan berturut-turut, maka ada yang salah dengan pola makan Anda. Ketahuilah bahwa rambut membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Kekurangan besi, biotin, atau seng bisa membuat rambut "kelaparan". Untuk menjadikan rambut selalu sehat, Anda disarankan agar mengonsumsi brokoli, bayam, dan telur.

2. Stress

Apakah terjadi kebotakan di beberapa area kepala Anda? Apakaha area itu terasa halus jika diraba? Jika hal tersebut Anda alami, maka bisa disebabkan oleh masalah genetika atau stres. Stres yang berat bisa menyebabkan kerontokan rambut dan memperburuk masalah rambut rontok. Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi pada dokter kulit dan mintalah suntikan kortikosteroid untuk meredakan radang yang menyebabkan rambut rontok.

3. Infeksi Jamur

Kerontokan rambut bisa saja dikarenakan Anda terkena tinea capitis, infeksi jamur. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai sampo antijamur untuk melawan jamur yang berkembang di kulit kepala Anda. Jika tak ada perubahan, maka Anda bisa meminta resep obat antijamur, seperti Lamisil.

4. Trauma Emosional Atau Fisik

Efek kejutan pada telogen effluvium bisa menyebabkan suatu kondisi yang membuat rambut berhenti tumbuh dan mulai rontok. Kerontokan rambut ini bisa Anda alami secara mendadak.

Itulah 4 penyebab kerontokan rambut pada pria. ketahuilah bahwa kelainan struktur rambut atau kebotakan saat lahir juga bisa diwariskan dari orangtua. Jika kerontokan rambut dikarenakan gen, maka sulit untuk mengatasinya dan bisa menjadi permanen.