Saturday, September 29, 2012

Antara kenyataan dan ilusi:

Kita sering "kena" kartu kredit, yang terasa hanya terpakai 2 juta, eh ternyata tagihannya 5 juta, kita tidak "sadar benar" waktu belanja, waktu di cek memang benar semua belanja kita. Karena memakai kartu kredit membuat kita tidak "merasa" memakai satu juta atau limapuluh ribu rasanya sama. Hal ini sangat disadari oleh pengelola kartu kredit dan mulai disadari pemakai yang bijaksana. Mulailah mengurangi pemakaian kartu kredit.

Kini permainan game internet, baik lewat komputer ataupun iPad, sering memakai ilusi dan bisa membeli barang2 permainan, seperti bantuan, senjata khusus, atau apa saja, dengan uang benar2 dengan kartu kredit. Nah ilusi ini bercampur dengan kenyataan akan uang benar. Tanpa terasa, apalagi saat emosi, bisa beli ini itu supaya bisa cepat selesai, menang, atau sukses. Seorang sahabat mengatakan anaknya memakai 4 juta rupiah dalam bermain game di iPad dalam seminggu.

Inilah kehidupan baru, terbaurnya ilusi dan kenyataan. Persoalan baru sering timbul yang tidak pernah ada sebelumnya. Teknologi semakin canggih, dan sulit dikontrol. Kita harus lebih bisa mengontrol diri, dengan beberapa hal2 mudah. Misalnya tidak memakai kartu kredit kecuali terpaksa. Tidak main game di internet yang memakai uang benar2. Tidak berjudi, dan seterusnya. Selamat memasuki dunia baru.

*Tanadi Santoso