Tuesday, October 9, 2012

32 Menit yang Ajaib

Mengerjakan hal2 penting yang tidak mendesak adalah kritikal dalam perjalanan kita menuju sukses. Sering sekali kita malas dan menunda banyak hal yang kita yakini perlu kita kerjakan.

Untuk mengatasi kemalasan dan kebiasaan menunda: Lalukan "32 menit yang ajaib". Luangkan waktu 32 menit saja untuk mengerjakan satu hal yang sudah lama anda tunda itu. Hal penting yang tidak mendesak, hal2 yang sudah lama ingin kita kerjakan.

Kita berjanji hanya akan mengerjakan minimal 32 menit saja, tanpa interupsi sama sekali. Dan kita akan beristirahat, atau bermain, setelah itu, bila kita merasa cukup. Boleh saja disambung beberapa menit lebih, tapi jangan memaksakan. Fokus pada kata 'MULAI' dan bukan harus selesai dengan sempurna. Kita dapat kerjakan lagi besok atau lusa dengan 32 menit lagi untuk menyambung pekerjaan itu.

32 menit ini akan memberikan energi baru untuk mengerjakan hal tertunda itu, dan akan membuat kita mau mengerjakan lagi besok atau lusanya, karena komitmen waktu yang cuma 32 menit saja. Ini adalah obat mujarab kebiasaan procrastination/ penundaan.

Sehari umumnya adalah 8 jam penuh untuk bekerja. Bila kita mampu mengerjakan 3 kali saja hal2 penting dalam sehari maka kita telah menyempatkan 3x32 menit adalah 96 menit, yang merupakan 20% dari waktu kita bekerja sehari. Hal ini pasti akan mampu menyumbangkan 80% dari sukses anda.

*Tanadi Santoso