Monday, October 29, 2012

Rahasia Sukses

There is nothing to writing. All you do is sit down at a typewriter and bleed. ~Ernest Hemingway

Didalam sebuah scene filem "Hemingway and Gellhorn", Gellhorn ditegur oleh Hemingway mengapa lama tidak menulis. Gellhorn mengatakan tidak ada inspirasi yang tepat dan telah mencoba, tetapi tidak bisa juga keluar tulisan yang baik.

Hemingway yang ketika itu mengetik dipagi hari dengan marah berteriak
: "Tidak ada rahasia apa apa untuk menulis. Yang harus kau lakukan hanyalah duduk didepan mesin ketik, dan ketiklah terus sampai berdarah darah."

Kita sering kagum akan seorang penulis, seorang pembalap sepeda, seorang jagoan badminton, seorang penari yang baik, seorang pemain piano, ataupun seorang pebinsis sukses. Kita selalu merasa ada rahasia dibalik keberhasilannya.

Tanyakan pada mereka apa rahasianya? Selalu hanya satu kata yang keluar: latihan. Lakukan terus menerus, gagallah berkali kali, lakukan lagi, gagal lagi, luka, berdarah darah, dan lakukan lagi. Lewat 10.000 jam latihan, akan mulai baik, dan lakukan lagi, gagal lagi, lakukan lagi.

Tentu faktor bakat, dan inspirasi, dan kesempatan, dan faktor penunjang lain sangatlah penting dan berguna. Tetapi pada akhirnya, melakukan, berlatih, mengerjakan berulang ulang, tanpa kenal lelah, dan bangkit kembali setiap kali kita jatuh, adalah kunci kita untuk menjadi hebat.

*Tanadi Santoso
http://koningsberg.blogspot.com/