Friday, November 16, 2012

Fosil Kepik

Ada dua anak kakak beradik, sejak kecil diwarisi oleh ayahnya, masing2 sebuah kotak kecil antik yang sangat indah. Pesan akhir sang ayah: " Kalian masing2 bisa melihat isi kotak milik sendiri tetapi tidak boleh melihat kotak yang lain. Isinya adalah fosil kepik peninggalan sejuta tahun yang lalu. Bila ada orang bertanya isinya apa, bilang saja fosil kepik, tetapi jangan terangkan isinya itu bagaimana, dan jangan sampai ditunjukkan siapapun isinya." Sang ayahpun meninggal.

Kakak beradik itu tidak mengerti maksud sang ayah tapi menuruti juga maunya. Mereka berpendapat itu akan membawa keberuntungan dalam kehidupan mereka. Kadang kadang ketika sedang sendiri, mereka ana membuka kotak antik yang indah itu dan mengamati isinya. Tapi sekalipun tidak berani melanggar kata2 ayah untuk menunjukkan kepada siapapun, termasuk kepada saudaranya sendiri, merekapun berpikir apakah yang dimiliki saudaranya sama isinya? Apakah orang lain memiliki fosil kepik juga?

*** Pemikiran filosofi ini menarik untuk disimak. Nama benda "fosil kepik" itu sebenarnya menunjukkan barang apa? Apakah kotak yang satu sama isinya dengan kotak yang lain, walaupun namanya jelas sama. Kalau tidak bisa kita tunjukkan kepada orang lain, bagaimana kita yakin apa yang kita lihat itu dan beri nama "fosil kepik" itu sama dengan bayangan orang yang memikirkan itu? Kepik kita pernah lihat, kalau fosil kepik sejuta tahun lalu?

Apakah ketika kita berkata " Hidupku menderita sekali", kata "menderita" punya makna yang sama dengan yang dipahami orang lain? Ataupun kata2 " Aku patriot sejati" dan kata2 "sakit hati; rindu; indah; dan seterusnya." Kotak kita tertutup, isi kita mungkin berbeda walau label nama nya sama. Bahkan kata sederhana " Aku mencintaimu" akan punya sejuta makna yang tidak sama.

Thought experiment, atau percobaan pemikiran, kadang berawal dari cerita dan pertanyaan yang sangat sederhana, mencoba mencari arti yang lebih dalam dari kehidupan ini.

*Tanadi Santoso

http://koningsberg.blogspot.com/
http://sugiatno-ceritalucu.blogspot.com/