Wednesday, November 7, 2012

Kata

Dinegeri antah berantah, sang raja sebulan sekali mengundang para pelawak untuk membuatnya tertawa. Hari itu tidak ada seorangpun mampu membuatnya tertawa. Disayembarakan 100 tael emas untuk siapa pun yang bisa membuatnya tertawa.

Datanglah seorang bijak yang berjanji bisa dengan satu kata membuat sang raja tertawa, dan dengan satu kata lagi akan membuatnya marah. Raja tidak percaya dan menjanjik
an 500 tael emas kalau memang sang bijak bisa.

Disaksikan beratus orang, sang bijak pelahan lahan berjalan mendekati seekor anjing tua kudisan disudut ruang sang raja, dan dengan khidmad berlutut dan menyembah anjing itu sambil berkata keras: "Ibuuu….". Sang rajapun tertawa terpingkal pingkal melihatnya.

Sang bijak berdiri pelahan dan menuju ke arah sang raja, berlutut dan menyembah sang raja sambil berkata keras "Ayahhhhhhh……" Sang rajapun marah sekali.

Dan tiba2 dia sadar bahwa dengan dua kata sang bijak mempu membuatnya tertawa dan marah, dia terdiam sejenak, dan menghadiahkan 500 tael emas pada sang bijak.

*** Kata punya kekuatan yang luar biasa, bahasa adalah opium terhebat yang ditemukan dunia. Cinta, benci, pemberontakan, perdamaian, dan sejarah, dibentuk dan dicairkan dari kata. Kata menusuk jantung, menguatkan iman, menyemangatkan jiwa dan mendorong kita menuju sukses. Salam kata kata.

*Tanadi Santoso

http://koningsberg.blogspot.com/
http://sugiatno-ceritalucu.blogspot.com/