Saturday, November 17, 2012

Tidak Hanya Enak, Kacang Panjang Berikan Sejumlah Manfaat

Siapa coba yang tidak mengenal kacang panjang, jenis makanan ini sering kali ada dalam menu masakan sehari-hari. Kacang ini memiliki ukuran yang panjang dan berwarna hijau, terdapat biji didalamnya. Kacang panjang sering kali diolah menjadi masakan yang enak dan gurih untuk disantap. Diolah menjadi masakan seperti oseng-oseng, lalapan hingga sayur berkuah. Selain rasanya yang enak, kacang ini juga murah dan sangat mudah untuk ditemukan. Jika telah disulap menjadi menu masakan enak siapa pun pasti akan sangat menyukainya. Baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun sebab sangat aman untuk dikonsumsi. Namun selain rasanya yang gurih dan dapat diolah menjadi masakan, kacang ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Dari Kacang Panjang

Kacang panjang atau vigna sinensis ini juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Kacang yang tergolong kedalam jenis sayuran ini snagat berguna mengendalikan kadar gula dalam darah, mengatasi hipertensi, memperkecil resiko stroke dan serangan jantung. Selain itu bisa meningkatkan fungsi organ pencernaan, menurunkan risiko kanker dan mengatasi sembelit. Kacang panjang rupanya dapat dijadikan sebagai obat seperti mengobati rematik, arthritis serta gangguan pada saluran kemih. Bagi mereka yang sering mengalami jerawat, maka dengan mengkonsumsi kacang ini bisa membantu membersihkan kulit dari jerawat. Kacang ini juga cocok untuk penyembuhan pada luka bakar, mengatasi eksim pada anak-anak serta gangguan fungsi ginjal.

Kandungan Zat Dalam Kacang Panjang

Kacang panjang memiliki beberapa kandungan zat yang baik untuk tubuh. Seperti betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2 serta serat pektin yang ada dalam biji dan kulit kacang panjang. Dengan mengkonsumsi kacang ini tentu mampu memenuhi nilai takaran gizi kita setiap harinya. Sebab kacang ini seimbang akan kandungan gizinya.

Pemanfaatan Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui bagaimana kandungan zat serta gizi yang terdapat didalam kacang ini, pemanfaatannya bisa diupayakan untuk mereka yang mengidap penyakit. Bagi mereka yang mengidap penyakit kanker dan leukimia, mengkonsumsi kacang ini bisa memperkecil resiko terjadinya keluhan. Dengan menumis, merebus atau menjadikannya lalapan menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Tidak hanya itu, kacang panjang bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya pada jenis tanaman herbal lainnya.

http://koningsberg.blogspot.com/
http://sugiatno-ceritalucu.blogspot.com/