Monday, November 5, 2012

Sinergi Memberi dan Menerima

Aristoreles dalam konsep Zoon Politicon mengungkapkan bahwa manusia senantiasa berinteraksi dalam hidup bermayarakat.Dalam lingkup masyarakat itu pula terjadi saling ketergantungan yang saling membutuhkan

Memahami lebih lanjut makna di atas, keberadaan dua danau di daerah Timur Tengah, Danau Galilea atau Tiberia dan Laut Mati dapat memberi kita pelajaran. Jarak keduanya tak begitu jauh, karena terdapat sungai Yordan menjadi penghubung Keduanya.

Danau Tiberia merupakan salah satu danau air tawar untuk tujuan wisata yang telah terkenal sejak dahulu. Danau ini memiliki ragam kehidupan melimpah, mulai dari flora dan binatang laut seperti plankton dan ikan tilapia.

Kondisi ini tampak berbeda 180 derajat dengan Laut Mati.Layaknya nama yang dilekatkan pada danau ini, tiada biota air di danau ini. Bibir danau pun berupa bebatuan tanpa ada kehidupan pepohonan.

Namun orang bijak mengatakan, perbedaan ini terletak pada aktivitas yang dilakukan oleh kedua danau tersebut. Danau Galilea menjadi muara bagi Sungai Yordan Atas, dan menjadi hulu bagi Sungai Yordan Bawah. Ia memberi dan menerima, tak hanya menampung namun juga mengalirkan. Lain halnya Laut Mati hanya menjadi muara bagi Sungai Yordan Bawah, ia hanya menerima tanpa memberi.

Danau Tiberia memberikan pelajaran sebagai danau yang memberi dan menerima air, memberi kehidupan melimpah di sekitarnya, justru ia menjadi sumber kehidupan. Berbeda dengan Laut Mati.

Demikian pula kehidupan manusia. Sinergi antara memberi dan menerima haruslah seimb ang sehingga menjadi sumber kehidupan bagi sekitar.

Sudahkan Anda bersinergi layaknya Danau Galilea?
http://koningsberg.blogspot.com/
http://sugiatno-ceritalucu.blogspot.com/