Saturday, March 11, 2023

Bila dalam Gedung Terbakar


Sedikit info tapi sangat urgen kita ketahui bila terjebak dlm ruangan saat menghadapi kebakaran :

 Bertahun-tahun yang lalu ada kecelakaan kebakaran di J.P. Hotel Vasant Vihar New Delhi, di mana banyak orang India terbunuh tetapi tidak orang Jepang dan Amerika.  tahu kenapa?  Aku akan memberitahu Anda :-

  1. Semua orang Amerika dan Jepang meletakkan handuk basah di ruang di bawah pintu kamar mereka dan menutup ruang agar asap tidak bisa mencapai kamar mereka.  atau tiba dalam jumlah yang sangat kecil.

  2. Semua tamu asing ini mengikatkan saputangan basah di hidung mereka agar asap tidak masuk ke paru-paru mereka.

  3. Semua tamu asing berbaring di lantai kamar mereka.  (karena asap selalu naik ke atas)

  Dengan demikian, pada saat petugas pemadam kebakaran tiba, mereka dapat menyelamatkan diri.

  Sementara para tamu India di hotel tidak menyadari langkah-langkah keamanan ini, jadi mereka mulai berlari dari sini ke sana dan paru-paru mereka dipenuhi asap dan mereka meninggal dalam waktu singkat.

  Beberapa waktu lalu (24.05.2019) terjadi kecelakaan kebakaran di sebuah pusat pelatihan di Surat (Gujarat) di mana banyak anak-anak kehilangan nyawa karena ketidaktahuan dan penyerbuan ini.  Seandainya mereka tahu tentang langkah-langkah keamanan ini, mungkin sejumlah besar anak tidak akan mati.

  Ingat, sebagian besar kematian dalam kasus kebakaran adalah karena menghirup asap di dalam tubuh, sementara lebih sedikit karena api.

  Karena jika terjadi kebakaran, kami tidak melatih kesabaran dan mulai berlari dari sini ke sana.  Pernapasan kita menjadi lebih cepat dengan keluar karena banyak asap memasuki paru-paru kita dan kita menjadi tidak sadar dan jatuh ke tanah dan kemudian dilalap api.

  Oleh karena itu, jika terjadi kebakaran, lakukan langkah-langkah keamanan berikut:-

  1. Jangan panik dan tetap waspada agar bisa membantu orang lain.

  2. Ikatkan saputangan basah atau kain basah tapi padat di hidung Anda.  Dan berbaring di lantai.

  3. Jika Anda terkunci di dalam suatu ruangan, maka tutuplah jendela dan pintunya dan jika ada kemungkinan asap berasal dari bawah atau atas atau dari mana saja, maka tutuplah tempat itu juga dengan kain basah.

  4 Mintalah orang-orang di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama.

  5. Tunggu bantuan petugas pemadam kebakaran.  Ingat, petugas pemadam kebakaran memeriksa setiap ruangan dan mereka akan menemukan orang-orang terjebak.

  6. Jika ponsel Anda berfungsi maka Anda terus meminta bantuan di 100, 101 atau 102 terus menerus.  Beri mereka informasi lokasi Anda juga.  Mereka akan menghubungi Anda terlebih dahulu.

  Siapapun bisa terjebak dalam kecelakaan.  Oleh karena itu, setiap orang harus menyadari langkah-langkah keamanan.