Thursday, January 26, 2023

KARMA


*KARMA* seperti _buah_ yang *Tergantung* pada cabang pohon Menunggu *Kematangannya* pada *Waktu yang tepat*, pada _Kondisi yang tepat_. 

Dan saat buah itu *MATANG*, ia akan *JATUH* _menghantam_ tanah dibawahnya.

Apakah tidak ada *CARA* yang _tepat_ untuk _Menghapus_ *KARMA* _buruk_ ?

Kita Tidak bisa _menghapus_ *KARMA* _buruk_, tapi bisa membuat _Dampak buruknya_ menjadi lebih *RINGAN*.

 Perbanyaklah _Berbuat_ *KEBAIKAN* 
 
Seperti halnya segelas _air garam_ yang sangat *ASIN*, jika *ditambah* dengan air *TAWAR*, sampai gelas itu tidak *MAMPU* lagi menampung dan air mulai *berceceran* _keluar_, lama kelamaan air yang *ASIN* akan mengalir *KELUAR* dan yang _tersisa_ di gelas hanyalah air *TAWAR* saja. 
Seperti itulah seharusnya yang kita *LAKUKAN* dalam kehidupan ini. 

Entah sudah berapa banyak *KARMA* _buruk_ yang telah kita *LAKUKAN* saat kehidupan lalu
Dan sekarang, di kehidupan ini, di saat kita *berkesempatan* berbuat *BAIK*, seharusnya kita banyak berbuat *kebajikan* untuk  *Mengurangi* _karma-karma_ *BURUK* kita. 

Dan ingatlah, jika ada *KARMA* _buruk_ yang terjadi pada kita, jangan _membalasnya_, karena disaat kita *membalasnya*, disitulah *KARMA* _buruk_ yang baru akan *tercipta*. 
*Relakan* saja, dan _berpikirlah_ *POSITIF* : "_Ah, Karma burukku telah berkurang_."

Mungkin kedengarannya sangat *SUSAH* untuk _dijalankan_. 
Seberapa banyak dari kita yang bisa *TETAP BAIK* dan *bersahabat* dengan orang yang telah _Mencuri_, _Menipu, Menganiaya_ dan *Memfitnah* kita?

Tapi pernahkan kita *MENCOBA* untuk tetap *BERTAHAN* dengan tidak *Membalas*, mencoba untuk *BERDAMAI* dengan perasaan _kecewa_ dan _marah_?