Saturday, February 9, 2013

Gangguan Sendi di Usia Lanjut, Bagaimana Atasinya?

Saat wanita berusia lanjut, akan ada banyak kondisi kesehatan yang mungkin menyerang. Salah gangguan kesehatan yang mungkin menyerang adalah rheumatoid arthritis.  Penyakit yang menyerang sendi dan organ lainnya ini dapat dicegah dengan menggunakan sinar matahari.
 
Temuan baru menunjukkan adanya manfaat bagi para wanita yang secara rutin terpapar matahari pagi yang sehat, dapat mengurangi dan mencegah risiko terkena rheumatoid arthritis. Ini efek yang menguntungkan, para peneliti percaya bahwa sinar ultraviolet B (UV-B) di bawah sinar matahari dapat bermanfaat pada wanita yang lebih tua, demikian yang dilansir Health24.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengamati sekira 235.000 peserta yang ambil bagian dalam dua tahap Nurses Health Study AS. Tahap pertama dimulai pada tahun 1976 dengan perawat berusia 30 sampai 55 dan berlanjut sampai 2008. Tahap kedua dimulai pada tahun 1989 dengan perawat berusia 25 sampai 42 dan berlanjut sampai 2009.
 
Pada akhir dari dua fase, 1.314 dari perempuan telah mengembangkan rheumatoid arthritis. Di antara wanita di tahap pertama pada Studi Nurses 'Health, orang-orang dengan tingkat yangs sering terkena UV-B adalah 21 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan rheumatoid arthritis dibandingkan dengan mereka yang memiliki paparan rendah.
 
Namun, hubungan antara paparan UV-B dan risiko rheumatoid arthritis tidak terlihat terlihat di kalangan wanita muda di tahap kedua. Wanita-wanita yang lebih muda dibandingkan dengan wanita pada fase pertama dan mungkin lebih sadar tentang bahaya paparan sinar matahari terlalu banyak dan menghindarinya.
 
"Studi kami menambah bukti yang berkembang bahwa paparan sinar UV-B dikaitkan dengan penurunan risiko rheumatoid arthritis," kata Dr Elizabeth Arkema, dari departemen epidemiologi di Harvard School of Public Health.
 
Meskipun penelitian ini bukanlah penelitian sebab-akibat, tetapi dari hasil yang didapat, diharapkan bisa menjadi acuan bagi peneliti lain untuk melihat adanya manfaat dari paparan sinar matahari bagi pencegahan rheumatoid arthritis.

http://koningsberg.blogspot.com/
http://sugiatno-ceritalucu.blogspot.com/