Friday, February 22, 2013

Integritas dan Kejujuran

Seorang anak laki-laki dan perempuan sedang bermain bersama. Si anak laki-laki memiliki koleksi kelereng. Sementara anak perempuan itu memiliki beberapa permen. Si anak laki-laki mengatakan kepada anak perempuan itu bahwa ia akan memberikan semua kelerengnya untuk ditukar dengan permennya. Si anak perempuan itu setuju. Anak laki-laki itu kemudian mengambil beberapa kelereng yang terbesar dan paling indah untuk disimpan dan memberikan sisanya untuk anak perempuan itu. Anak perempuan itu memberikan semua permennya seperti yang telah dijanjikan. Malamnya, anak perempuan itu tidur dengan damai. Tapi si anak laki-laki tidak bisa tidur sambil terus bertanya-tanya apakah anak perempuan itu telah menyembunyikan beberapa permen dari dia seperti cara ia menyembunyikan kelereng yang terbaik.
Moral dari cerita:
Jika Anda tidak memberikan seratus persen yang terbaik dalam suatu hubungan, selalu akan meragukan apakah orang lain telah memberikan seratus persen juga..
Hal ini berlaku untuk hubungan seperti cinta, hubungan majikan-karyawan, persahabatan, dll. Berikan seratus persen diri Anda untuk semua yang Anda lakukan dan tidurlah dengan damai.
Berjalanlah selalu di atas kejujuran.
Integritas adalah berani mengatakan pada diri sendiri akan suatu kebenaran.
Dan kejujuran adalah berani mengatakan kebenaran kepada orang lain.

http://koningsberg.blogspot.com/
http://sugiatno-ceritalucu.blogspot.com/