"Itu terlalu mahal"
"Sainganmu menjual barang yg sama dengan hrg.."
Kebanyakan penjual dan pemilik bisnis mendengar kalimat ini setiap hari. Hal ini menyatakan bahwa sangatlah penting. Untuk mempelajari bagaimana bernegosiasi dengan efektif. Ini 5 strategi yang akan membantumu meningkatkan kemampuan bernegosiasi dan menyetir uang ke arahmu:
1. Belajar untuk menantang
Tujuan menantang adalah membuat mereka tidak nyaman dengan harga yg mereka tawarkan.
Contoh: "berapa harga yang kamu inginkan?"
2. Kenalilah, bahwa orang2 sering menawar lebih drpada yg diharapkan mereka bisa dapat.
Karenanya kamu perlu bertahan atas keinginan otomatis untuk mengurangi harga atau memberi diskon.
3.Orang dengan informasi lbh banyak mendapat lbh baik.
Pelajari prospekmu, apa yg mereka butuhkan dan inginkan.
Contoh:
-apa yg menyadarkanmu untuk membeli produk ini?
-siapa lagi yg sudah kamu ajak bicara?
-apa pengalamanmu?
-rentang jam kerjamu dengan?
-apa yg paling penting buatmu tentang hal ini?
Sangatlah penting untuk mempelajari kompetitormu. Hal ini membantu mengatasi harga tetap objektif dan menggunakan kompetitormu untuk mempengaruhimu.
4. Berlatihlah di setiap kesempatan.
Kebanyakan org malas berlatih karena mereka kuranga nyaman.
Kambangkan perasaan nyaman dgn lebih sering bernegosiasi sesering mungkin.
Minta diskon dr suplier, sbg konsumen, kembangkan sifat menanyakan harga s/d terusak. Ketika membeli dr toko retail.
Contoh:
-"km hrs melakukan lebih baik dr pada itu"
-"diskon apa yg kamu tawarkan hr ini?
-"hal itu terlalu mahal"-tunggu jeda setelahnya..
-belajar menantang
JADILAH MENYENANGKAN DAN TEGUH, TTP TDK MEMINTA. Mengkondisikan dirimu untuk selalu bernegosiasi di setiap kesempatan akan membantumu menjadi lbh percaya diri, nyaman, dan sukses
5. Selalu lebih baik meninggalkan penjualan daripada memberi disc. Atau jasa terlalu bnyk.
Negosiasi adalah cara hidup berbudaya. Dan kebanyakan org bernegosiasi dalam banyak cara hampir setiap hari.
Praktekkan kelima hal ini, dan kamu akan menyadari perbedaan kemampuan benegosiasimu scr langsung.