Saturday, February 11, 2012

Semangkok Bakmi


Seorang anak btengkar dgn ibunya &mninggalkan rumah. Saat bjalan ia baru mnyadari bhw ia sama skali tdk mbawa uang.
Ia lewati sbuah kedai bakmi. Ia ingin skali mmesan smangkuk bakmi. Pmilik kedai mlihat anak itu bdiri cukup lama di dpn kedainya, lalu bkata "Nak, apakah engkau ingin mmesan smangkuk bakmi?"
"Ya, ttp aku tdk mbawa uang," jwb anak itu dgn malu2. "Tdk apa2, aku akan mtraktirmu,"jwb si pmilik kedai.
Anak itu sgera makan bbrp suap, kmdian air matanya mulai blinang. "Ada apa Nak?" Tanya si pmilik kedai. "Tdk apa2, aku hanya tharu,"jwb anak itu sambil mngeringkan air matanya.
"Seorang yg baru kukenal mberi aku smangkuk bakmi ttp ibuku sdiri stlh btengkar dgnku, mngusirku dr rumah.
Kau seorang yg baru kukenal ttp bgeto pduli dgnku." Katanya kpd pmilik kedai.
Pmilik kedai itu bkata "Nak, mgapa kau bpikir bgitu? Renungkan hal ini, aku hanya mberimu smangkuk bakmi & kau bgitu tharu.
Ibumu tlh mmasak bakmi & nasi untukmu saat kau kecil hingga saat ini, mgpa kau tdk btrimakasih kpdnya? Kau malah btengkar dgnnya?"
Anak itu trhenyak mdgr hal tsb. "Mngapa aku tdk bpikir tentang hal itu?
Untuk smangkuk bakmi dr orang yg baru kukenal aku bgitu btrimakasih,
ttp kpd ibuku yg memasak untukku slama btahun2, aku bahkan tdk mplihatkan kpdulian kpdnya.
Dan hanya krn prsoalan spele, aku btengkar dgnnya".
Anak itu sgr mhabiskan bakminya lalu ia mnguatkan dirinya u sgr pulang ke rumah. Bgitu sampai di ambang pintu rumah, ia mlihat ibunya dgn wajah letih & cemas. Ktika mlihat anaknya, kalimat ptama yg kluar dr mulutnya adalah "Nak, kau sdh pulang, cepat masuklah, aku telah mnyiapkan makan malam."
Mdengar hal itu, si anak tdk dpt mnahan tangisnya & ia mnangis di hadapan ibunya.
Skali waktu kita mgk akan sgt btrimakasih kpd org lain u suatu ptolongan kecil yg diberikannya pd kita.
Namun kpd org yg sgt dekat dgn kita (kluarga) khususnya org tua kita, kita hrs ingat bhw kita mesti btrimakasih kpd mreka seumur hidup kita...